Browse Category: Home

4 Tips Langkah Menghadapi Rasa Cemas Saat Traveling

Lelah bekerja, menghadapi macet perjalanan, dan bertengkar dengan pasangan, pasti membuat Kamu sumpek. Itulah sebabnya banyak orang yang mendambakan liburan. Walaupun liburan yang Kamu bayangkan terasa sangat menyenangkan, beberapa orang termasuk Kamu pasti pernah mengalami kecemasan. Liburan yang harusnya membuat Kamu senang justru membuat Kamu takut dan tidak nyaman. Untuk mengatasi cemas saat bepergian, simak tipsnya berikut ini.

Tips mengatasi rasa cemas saat bepergian

Liburan menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres. Namun, liburan juga dapat menyebabkan munculnya rasa cemas. Bertemu orang asing, khawatir dengan keluarga di rumah, atau takut ada barang yang ketinggalan memang dapat jadi sumber rasa cemas saat bepergian. Liburan yang seharusnya membantu Kamu untuk menenangkan diri malah membuat Kamu gelisah.

Martin Antony, Ph.D., seorang dosen psikologi di Ryerson University, Toronto mengatakan pada Self bahwa cemas saat bepergian biasanya muncul ketika Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi dan berada di situasi yang tidak terkendali dan tidak terencana. Namun, pada umumnya orang akan merasakan cemas mengenai keselamatan diri selama bepergian.

Agar Kamu dapat menikmati waktu liburan Kamu dengan tenang dan nyaman, Kamu harus mengatasi rasa cemas dengan cara berikut ini:

1. Buat rencana dan persiapan sebelum bepergian

Dalam setiap perjalanan, pasti ada saja hal-hal yang tidak sesuai dugaan. Untuk itu, buatlah rencana yang matang. Bukan rencana kegiatan di tempat liburan, tapi soal masalah yang akan muncul beserta solusinya.

Walaupun kemungkinannya kecil, tapi setidaknya Kamu sudah dapat menghilangkan beberapa tekanan dan mempersiapkan diri dengan berbagai kemungkinan. Selain itu, Kamu perlu memahami bahwa rasa cemas yang Kamu rasakan tidak selalu mengarah ke hal-hal yang buruk. dapat jadi, rasa cemas itu dapat menghindari Kamu dari kesalahan-kesalahan selama melakukan perjalanan.

Jika Kamu berlibur ke tempat yang belum pernah Kamu kunjungi sebelumnya, pastikan untuk mengetahui bagaimana rute perjalanan, cuaca di sana, dan pakaian yang memang cocok untuk Kamu gunakan selama liburan. Bukan hanya itu, ada hal lain yang perlu Kamu ketahui dan persiapkan, seperti:

  • Melihat kembali masa berlaku paspor, visa, dan data pengenal lainnya
  • Pengetahuan umum mengenai bahasa, supaya Kamu lebih mudah untuk melakukan interaksi
  • Siapkan obat-obatan yang mungkin Kamu perlukan
  • Nomor yang dapat Kamu hubungi jika ada situasi darurat

2. Saat pikiran Kamu mulai ke mana-mana, cobalah berpikir logis

Walaupun Kamu perlu memikirkan hal-hal yang dapat terjadi tanpa Kamu inginkan, jangan sampai Kamu terbawa dengan rasa cemas yang tidak masuk akal. Cobalah untuk mencerna kembali apa saja yang Kamu takutkan; apakah memang dapat terjadi demikian atau tidak. Dengan begini, Kamu dapat membuang jauh-jauh rasa takut dan tidak aman yang sebenarnya tidak perlu Kamu cemaskan.

3. Jadikan pengalaman sebagai pelajaran

Rasa cemas dapat muncul karena pengalaman tidak menyenangkan yang sebelumnya pernah Kamu rasakan. Namun, jangan sampai Kamu melupakan pengalaman tersebut. Akan lebih baik jika pengalaman tersebut Kamu jadikan pelajaran supaya Kamu dapat menghindari atau mengatasinya.

Kamu juga dapat belajar dari pengalaman orang lain yang mungkin pernah bepergian ke tempat tujuan Kamu. Tanyakan seperti apa situasinya di sana, apa saja yang perlu disiapkan, dan lain-lain.

4. Hadapi rasa cemas

Ada banyak cara yang dapat membuat Kamu menghilangkan rasa cemas saat bepergian dan membuat Kamu lebih tenang. Coba ikuti beberapa cara berikut agar Kamu dapat mengendalikan rasa cemas.

  • Buat daftar lagu favorit yang dapat Kamu dengarkan beberapa hari sebelum perjalanan. Musik klasik, misalnya. Aliran musik ini dapat menurunkan detak jantung sekaligus mengurangi tekanan darah dan hormon stres.
  • Tutup mata dan bayangkan tempat yang damai. Membayangkan secara detail hal yang menurut Kamu nyaman dapat membantu meredakan perasaan takut dan khawatir serta memperbaiki suasana hati.
  • Atur napas Kamu. Mengambil napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Lakukan beberapa kali sampai Kamu benar-benar merasa tenang.

Cara Mensiasati dan Membuat Atap Rumah Menjadi Adem

Panas ruang di dalam rumah bisa diberi pengaruh oleh tinggi-rendahnya plafon. Plafon yang memiliki ketinggian yang rendah akan mengurangi kelancaran sirkulasi udara di dalam rumah. Untuk mendapatkan rumah yang konsisten adem meskipun berplafon rendah, pemecahannya yaitu dengan membenarkan ventilasi udara di dalam rumah, terutamanya di zona atap dan sekitarnya.

Jarak yang ideal antara lantai dengan plafon merupakan 3,2 m sampai 3,4 m. Bila tinggi plafon melebihi angka ini, maka rumah akan kian bagus untuk dihuni. Pasalnya, hawa panas yang bersumber dari atap, kemudian masuk ke plafon, dan selanjutnya turun ke dalam ruang, akan kian tereduksi dengan jarak yang panjang.

Sebagian rumah yang dibangun pengembang kenyataannya saat ini memiliki ketinggian plafon sekira 2,6 m sampai 3 m. Lalu, hal apa yang wajib dikerjakan untuk membuat ruang di dalam rumah konsisten adem meski rumah berplafon rendah? Nah, berikut ini merupakan sebagian tips untuk menyiasati berplafon rendah biar terasa tetap adem.

Mengaplikasikan Turbin Ventilator di Atap
Sobat perlu untuk memerhatikan sirkulasi di atapnya guna menyempurnakan peredaran di plafon. Ada sebagian sistem yang dapat digunakan untuk membuat peredaran di atap. Cara pertama merupakan dengan menambah turbin ventilator di atap. Kegunaannya yaitu untuk menghisap udara panas dan debu, serta sebagai alat peredaran udara. Metode lainnya yakni dengan mengganti beberapa genting di rumah Sobat dengan genting peredaran.

Melapisi dengan Alumunium Foil
Alumunium foil merupakan antipanas yang bermanfaat sebagai isolasi atap. Material yang satu ini dipercaya kapabel memantulkan panas hingga 97 persen. Tapi, seberapa besar efektivitasnya materi tersebut tergantung dari ragam dan tebalnya.

Jikalau atap belum terpasang, karenanya pemasangan almunium foil ini terbilang praktis lantara materi ini cukup dijepit di antara reng dan kaso. Seandainya konstruksi rangka atap telah jadi, karenanya caranya yaitu dengan melepas genting, lalu memasang aluminium foil di kaso lama, kemudian jepit dengan kaso baru. Tapi, teknik yang satu ini hanya dapat dilakukan pada rangka atap kayu, bukan rangka atap baja ringan.

Memakai Cat Antipanas
Fungsi utama dari cat antipanas ini adalah untuk menolak panas matahari pada permukaan bangunan sehingga membantu menjaga temperatur ruangan dalam bangunan. Cat pelapis antipanas ini dapat digunakan di dinding, atap beton atau dak, genting lembaran, dan genting serpihan (genting keramik, beton, dan tradisional). Cara pengaplikasian cat antipanas ini adalah sama menyerupai mengecat. Nah, kalau kamar anda yang berisi Tempat Tidur Mewah nantinya akan semakin adem. dalam ruangan kamar meskipun kalau pakai AC kan kalau ruangan tidak tinggi maka akan semakin membuat gerah dan kepanasan.

Melubangi Zona Sekitar Plafon
Sobat bisa membobok dinding sempurna di area bawah plafon sebagai lubang sirkulasi di tiap ruang. Idealnya, jarak dari plafon ke lubang bobokan ini merupakan 20 cm sampai 30 cm dengan ukuran lubang minimal 10 cm x 40 cm.

Jarak dan ukuran ini sanggup untuk menunjang hawa panas ke atas ruang dan pada jadinya ke luar ruangan. Tempatkan lubang di antara 2 dinding yang berhadapan tetapi tidak sejajar. Siasat menyerupai ini jarang dikerjakan oleh orang lantaran repot seharusnya membongkar dinding.

pengertian Rumus Trigonometri untuk Menghitung Cosinus

Rumus trigonometri – salah satu materi yang diajarkan di sekolah baik sekolah tingkat dasar atau bahkan menengah hingga atas yakni tentang rumus matematika atau lebih spesifiknya mengenai materi rumus trigonometri (sin,tan,Cos) yang bisa dibilang cukup membingnungkan terlebih untuk anda yang masih belum memahaami dasar perhitungan dari rumus ini.

untuk menghitung fungsi dasar cosinus pada dasarnya memang sangat sederhana. Hanya saja, dalam kasus tertentu, terkadang kita dihadapkan pada persoalan dimana panjang sisi segitiga yang akan dihitung nilai cosinusnya tidak diketahui. Dalam hal ini, nilai yang diketahui malah nilai secan atau pun nilai fungsi trigonometri lainnya.

Nah, dalam kondisi seperti ini, rumus dasar fungsi cosinus A standar tentunya tidak dapat kita gunakan begitu saja. Dalam hal ini, yang perlu kita lakukan adalah memanfaatkan besaran nilai fungsi trigonometri lain yang sudah diketahui.

oke tanpa berlama lama dengan teori, berikut ini kami sudah siapkan penjelasan mengenai rumus fungsi  trigonometri yang bisa anda fahami melalui contoh soal dibawah, soal dan penjelasan ini kami desain sesederhana mungkin agar tak begitu membingungkan untuk anda terlebih jika anda sudah cukup berumur,oke berikut contoh soalnya:

Contohnya: jika diketahui nilai secan sudut A adalah 1, maka berapakah nilai cosinus sudut tersebut dan berapa derajatkah lebar sudut tersebut?

Jawab:

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menjawab pertanyaan ini adalah memahami rumus dasar secan dan cosinus. Dalam hal ini, karena rumus secan dan cosinus berkebalikan, maka kita dapat menggunakan rumus baru dimana:

Cosinus A = 1 / secan A

Jadi, jika nilai secan untuk sudut A adalah 1, maka nilai cosinus untuk sudut A adalah sebagai berikut:

Cosinus A = 1 / 1 =1

Jika melihat pada nilai cosinusnya, maka kemungkinan besar, besar sudut A adalah 300, 1200, dan atau 2100.

Itulah sedikit informasi mengenai rumus trigonometri untuk menghitung cosinus jika diketahui fungsi trigonometri dasar lain nya.semoga dengan penjelasan diatas bisa menambah wawasan anda mengenai cara menyelesaikan soal matematika baik tingkat dasar maupun expert, jangan lupa share konten ini atau bookmark website kami ini agar tak ketinggalan informasi bermanfaat lainnya.

Selamat belajar dan semoga berhasil ya!

Dalam kegelisahanku teringat bunga

Suatu hari aku sedang duduk di pinggirang aspal dengan warna yang belang pada toko bunga ku, kemudian aku pun teringat pada suatu ketika aku berada pada masa sekolah ku dulu di SMA.  Pada suatu pagi hari nan cerah aku pun sedang duduk santai memandangi kota serang yang begitu indah dan ramai akan lalu lalangnya kendaraan yang tidak ramah lingkungan sehingga lingkungan pun merasa sedih.

Ya kembali pada kisah ku ketika berada pada suatu kelas dimana kelas itu sedang istirahat dan keseruanpun di mulai dari hal – hal terkecil hingga terbesar, tetapi ada suatu  saat ku merenungkan betapa indanya ketika aku melihat seorang gadis seusiaku seperti melihat bunga mawar dan melati yang selalu berwarna indah, terang dan menarik perhatian.

Dan kisah asmara ku bermulai ketika aku mulai suka sama seorang wanita yang duduk di bangku SMA sepertiku pada saat itu. aku ragu akan kasih yang nantina aku berikan itu tidak tersampaikan akan tetapi disini ku melihat suatu harapan dan tantangan besar yang harus aku lalui ini. Di sela – sela waktu ku aku mulai mendekati dirinya dengan percaya diri ku mulai menyapanya dan mengajaknya makan dan setelah itu pergi ke toko bunga 24 jam ku

Setelah ku selesai makan dengan nya disitulah proses dimana aku bisa tertawa, tersenum, berbincang – bincang dan mencurahkan isi hatiku. Tapi dengan aku bisa berkomunikasi denganna ditulah aku mulai memahami mengapa perempuan itu selembut bunga yang ku pegang dan seindah ku memandang. kemudian dari situlah aku mulai menyadari bagaimana caranya agr aku bisa menjadi pendamping hidupnya.

Prosesi yang kujalankan itu aku memulai mengajaknya untuk pergi nonton di sebuah salah satu bioskop samping toko bunga ku yang ada di indonesia dan disanalah aku benar – benar merasa nyaman dengan sesorang yang benar – benar ku belum mengetahui karakteristiknya dan aku merasa oh akan hidupku hanya pada sampai disini dengan melihat senyuman seorang wanita yang mempunyai paras nan rupawan dan senyumannya yang menggoda akan tetapi aku pun merasa heran dengan apa ang terjadi dan juga mengapa hanya pada sebatas ini aku jatuh cinta pada seseorang dan juga apa yang harus kulakukan karena pada intinya aku hanya seorang yang hanya bisa memahami orang tersebut dan ada satu hal yang harus kulakuakan di kemudian hari yaitu tetap mencintainya untuk selamanya.

Bunga  sebagai alat untuk memperindah ruang kamar mandi.

Ya  you know lah bunga tuh pastinya selain indah di pandang dan indah dilihat itu juga bisa sebagai mempercantik dekorasi ruangan, baik itu ruangan keluarga, tempat tidur, dan dapur itu pasti cocok saja jika menaruh bunga tersebut tidak asal, dan sesuai dengan tempat dan ukuran dari si bunga ini untuk membelinya bisa di toko bunga kami.

Tapi aku hanya ingin sekedar sharing bagaimana bunga ini sebagai memperhias suatu ruangan yang menurutku itu sangat tidak labil tapi dilakukan untuk mencocokan bahwa bunga itu ada di ruangan tersebu.

Singkat cerita saja aku mulai berfikir bunga yang cocok nantinya yang akan ku taruh di ruangan tersebut agar cocok dan tidak terlihat berantakan saat ku tata. Kita bisa mengambil  contoh bunga yang akan kita pajang  ini bisa berupa bunga yang berukuran kecil dengan pot yang kecil juga pastinya potnya juga bisa di beli di toko bunga kami.

Aku akn menaruh bunga tersebut di bagian atas. Tapi ngomong – ngomong kita tidak tau nih ruangan apa yah yang nantinya akan kita letakkan bunga tersebut.  “Tet   toret  toret”  ya sudah pasti akan di tempatkan di ruang kamar mandi.

Mengapa sih harus di kamar mandi dan mengapa gk di tempat yang lebih besar saja ruangannya seperti ruang tengah atau ruang keluarga dan atau ruanga depan rumah. Itu biasa bro hari gini yahhh bakalan ketinggalan zaman kalo enggak move on dari ang mainstream. Lo bayangkan jika itu gw tempatkan di kamar mandi kan itu pastinya akan anehkan tapi, its ok lah yah daripada lo harus melihat bunga itu di depan rumah melulu.

Entah apa yang ada di pikiran gw guys berpikiran kalo bunga itu cocok gw taro di kamar mandi dan itu bisa lu rekomendet jika menurut lu emang cocok di tempatkan di kamar mandi.

Tapi gw menyarankan kalo elu mau di tempatkan di kamar mandi itu harus yang berukuran kecil dan jangan sampai menghalangi elu ketika mandi hehehe.

Tapi lu pasti tau kalo lu pengen di tempatkan di kamar mandi lu harus punya persiapan paku minimal dan ketika lu mau paku itu jangan asal dan harus sesuai agar nantinya paku itu nancap dengan sempurna, tapi itu akan membuat harum kamar mandi elu dan memndang indahnya bunga bunga yang di beli dari toko bunga kami

 

Bahaya Menggunakan Toilet Portable

Bahaya Menggunakan Toilet Portable

Idealnya, toilet berfungsi sebagai tempat pembuangan limbah manusia yang kemudian limbah tersebut harus diolah dan diuraikan agar tidak menjadi sumber penyakit. Tentu saja limbah manusia banyak mengandung bakteri yang berbahaya untuk kesehatan, bahkan bisa menularkan penyakit. Maka dari itu, kita perlu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit.

Namun, bagaimana jika kita sudah mencoba menjaga kebersihan, sedangkan orang lain belum bisa menjaga kebersihan dengan baik? Seperti kita tahu, toilet portable merupakan fasilitas yang diberikan untuk kebutuhan umum. Tentunya banyak masyarakat umum yang membutuhkannya dan menggunakannya dalam keadaan darurat. Ternyata, hal yang digunakan secara bersama-sama ini bisa menjadi sumber penyakit dan berbahaya bagi orang lain yang juga menggunakannya. Bagaimana bisa?

  • Sumber bakteri

Toilet portable adalah fasilitas umum yang digunakan banyak sekali orang untuk membuang limbah manusia yang merupakan sarang bakteri. WC (water closet) yang disediakan dalam toilet portable sering berbentuk WC duduk, yang idealnya penggunaan duduk dan bukan jongkok data melakukan kegiatan buang hajat. Dengan begitu kita akan terkena kontak langsung dengan bagian kotor (bibir WC yang diduduki) bekas penggunaan banyak orang yang kadang juga bisa menularkan penyakit. Maka, kita sangat perlu menjaga kebersihan fasilitas umum yang digunakan bersama agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Selain

  • WC duduk pecah

Selain itu, apabila WC duduk didesain dengan porselen dan penggunanya menggunakan dengan posisi jongkok, akan sangat berbahaya bagi pengguna tersebut. Sudah idealnya WC duduk digunakan dengan duduk, namun beberapa orang yang tak terbiasa maupun takut terkena kontak bakteri di bibir WC tak melakukan dengan semestinya. Yang terjadi adalah WC duduk yang terbuat dari porselen tersebut tidak kuat menahan beban manusia yang jongkok di atasnya dan malah akan retak, bahkan pecah. Kalau sudah pecah, bagian yang runcing bisa melukai pengguna.

  • Toilet portable terbawa angin

Toilet portable didesain dan dibangun dengan material yang ringan sehingga dapat dipindahkan ke lokasi-lokasi yang banyak terdapat masyarakat umumnya. Material pembentuk toilet ini adalah fiberglass atau hdpe, yang memiliki beban ringan. Ternyata, hal ini juga bisa menjadi masalah yang tidak diinginkan yaitu toilet ini akan mudah terombang-ambing oleh angin yang menerpa, karena bebannya yang ringan.

Tips Memilih Rumah Kos Yang Nyaman dan Murah

Jangan anggap sepele dalam memilih tempat kos, pasalnya memangtidak gampang untuk mendapatkan kos yang baik sehingga kita bisa nyaman saat berada disana. Ada beragam faktor yang harus dipertimbangkan betul-betul supaya kamu tidak merasa rugi membayar uang sewa bulanan.

Tips Memilih Rumah Kos Yang Nyaman dan Murah

Supaya kamu tidak bingung lagi, perhatikan tips cara memilih tempat kos yang nyaman dan aman berikut ini

Cari Lokasi Yang Strategis
Bila kamu adalah seorang mahasiswa maka carilah tempat kos yang dekat dengan kampus, namun bila kamu karyawan maka sebaiknya cari tempat kos yang dekat dengan lokasi kerja. Hal tersebut bertujuan agar hemat waktu serta biaya.

Alat Transportasi Umum
Perhatikan pula apakah sekitar tempat kos tersebut dilalui transportasi umum atau tidak. Pasalnya jika mendadak motor atau mobil kamu bermasalah, kamu tidak lagi dipusingkan dengan alat transportasi.

Fasilitas Kamar
Pilih tempat kos yang terdapat cukup ventilasi didalam kamar. Hal ini berguna agar udara didalam kamar tetap terasa segar dan tidak pengap.

Cari Tempat Kos Yang Ada Dapur Umum
Salah satu trik agar anak kos bisa hidup hemat ialah dengan tersedianya dapur umum. Kamu tidak harus setiap hari beli makanan di warung, kamu bisa masak sendiri karena ada dapur umum.

Cek Ketersediaan Air
Tempat kos yang bagus pada umumnya memiliki 2 sumber air, dari PAM dan dari sumur. Bila air dari PAM mati, kamu tetap bisa mengambil air dari sumur.

Tersedia Listrik Cadangan
Listrik dari PLN tidak selamanya menyala, ada kalanya akan dipadamkan untuk alesan tertentu. Sebaiknya kamu pilih tempat kos yang menyediakan genset 10 kva agar listrik terus mengalir. Untuk mendapatkan genset sangat mudah, bisa beli di tempat jual genset surabaya dan sekitarnya.

Pertimbangkan Harga
Ada tempat kos yang menyediakan tarif bulanan, tarif 6 bulan dan tarif 1 tahun. Untuk awal-awal, sebaiknya kamu memilih tarif kos yang bulanan saja agar lebih hemat.

Lingkungan Teman Kos
Bila mampu carilah tempat kos yang penghuninya sama-sama mahasiswa atau karyawan, syukur-syukur yang bisa seprofei dengan kamu. Dengan memiliki teman kos yang seprofesi, kamu bisa sharing mengenai masalah yang sedang kamu alami.