4 Tips Langkah Menghadapi Rasa Cemas Saat Traveling

Lelah bekerja, menghadapi macet perjalanan, dan bertengkar dengan pasangan, pasti membuat Kamu sumpek. Itulah sebabnya banyak orang yang mendambakan liburan. Walaupun liburan yang Kamu bayangkan terasa sangat menyenangkan, beberapa orang termasuk Kamu pasti pernah mengalami kecemasan. Liburan yang harusnya membuat Kamu senang justru membuat Kamu takut dan tidak nyaman. Untuk mengatasi cemas saat bepergian, simak tipsnya berikut ini.

Tips mengatasi rasa cemas saat bepergian

Liburan menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres. Namun, liburan juga dapat menyebabkan munculnya rasa cemas. Bertemu orang asing, khawatir dengan keluarga di rumah, atau takut ada barang yang ketinggalan memang dapat jadi sumber rasa cemas saat bepergian. Liburan yang seharusnya membantu Kamu untuk menenangkan diri malah membuat Kamu gelisah.

Martin Antony, Ph.D., seorang dosen psikologi di Ryerson University, Toronto mengatakan pada Self bahwa cemas saat bepergian biasanya muncul ketika Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi dan berada di situasi yang tidak terkendali dan tidak terencana. Namun, pada umumnya orang akan merasakan cemas mengenai keselamatan diri selama bepergian.

Agar Kamu dapat menikmati waktu liburan Kamu dengan tenang dan nyaman, Kamu harus mengatasi rasa cemas dengan cara berikut ini:

1. Buat rencana dan persiapan sebelum bepergian

Dalam setiap perjalanan, pasti ada saja hal-hal yang tidak sesuai dugaan. Untuk itu, buatlah rencana yang matang. Bukan rencana kegiatan di tempat liburan, tapi soal masalah yang akan muncul beserta solusinya.

Walaupun kemungkinannya kecil, tapi setidaknya Kamu sudah dapat menghilangkan beberapa tekanan dan mempersiapkan diri dengan berbagai kemungkinan. Selain itu, Kamu perlu memahami bahwa rasa cemas yang Kamu rasakan tidak selalu mengarah ke hal-hal yang buruk. dapat jadi, rasa cemas itu dapat menghindari Kamu dari kesalahan-kesalahan selama melakukan perjalanan.

Jika Kamu berlibur ke tempat yang belum pernah Kamu kunjungi sebelumnya, pastikan untuk mengetahui bagaimana rute perjalanan, cuaca di sana, dan pakaian yang memang cocok untuk Kamu gunakan selama liburan. Bukan hanya itu, ada hal lain yang perlu Kamu ketahui dan persiapkan, seperti:

  • Melihat kembali masa berlaku paspor, visa, dan data pengenal lainnya
  • Pengetahuan umum mengenai bahasa, supaya Kamu lebih mudah untuk melakukan interaksi
  • Siapkan obat-obatan yang mungkin Kamu perlukan
  • Nomor yang dapat Kamu hubungi jika ada situasi darurat

2. Saat pikiran Kamu mulai ke mana-mana, cobalah berpikir logis

Walaupun Kamu perlu memikirkan hal-hal yang dapat terjadi tanpa Kamu inginkan, jangan sampai Kamu terbawa dengan rasa cemas yang tidak masuk akal. Cobalah untuk mencerna kembali apa saja yang Kamu takutkan; apakah memang dapat terjadi demikian atau tidak. Dengan begini, Kamu dapat membuang jauh-jauh rasa takut dan tidak aman yang sebenarnya tidak perlu Kamu cemaskan.

3. Jadikan pengalaman sebagai pelajaran

Rasa cemas dapat muncul karena pengalaman tidak menyenangkan yang sebelumnya pernah Kamu rasakan. Namun, jangan sampai Kamu melupakan pengalaman tersebut. Akan lebih baik jika pengalaman tersebut Kamu jadikan pelajaran supaya Kamu dapat menghindari atau mengatasinya.

Kamu juga dapat belajar dari pengalaman orang lain yang mungkin pernah bepergian ke tempat tujuan Kamu. Tanyakan seperti apa situasinya di sana, apa saja yang perlu disiapkan, dan lain-lain.

4. Hadapi rasa cemas

Ada banyak cara yang dapat membuat Kamu menghilangkan rasa cemas saat bepergian dan membuat Kamu lebih tenang. Coba ikuti beberapa cara berikut agar Kamu dapat mengendalikan rasa cemas.

  • Buat daftar lagu favorit yang dapat Kamu dengarkan beberapa hari sebelum perjalanan. Musik klasik, misalnya. Aliran musik ini dapat menurunkan detak jantung sekaligus mengurangi tekanan darah dan hormon stres.
  • Tutup mata dan bayangkan tempat yang damai. Membayangkan secara detail hal yang menurut Kamu nyaman dapat membantu meredakan perasaan takut dan khawatir serta memperbaiki suasana hati.
  • Atur napas Kamu. Mengambil napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Lakukan beberapa kali sampai Kamu benar-benar merasa tenang.

Leave a Reply