pengertian Rumus Trigonometri untuk Menghitung Cosinus

Rumus trigonometri – salah satu materi yang diajarkan di sekolah baik sekolah tingkat dasar atau bahkan menengah hingga atas yakni tentang rumus matematika atau lebih spesifiknya mengenai materi rumus trigonometri (sin,tan,Cos) yang bisa dibilang cukup membingnungkan terlebih untuk anda yang masih belum memahaami dasar perhitungan dari rumus ini.

untuk menghitung fungsi dasar cosinus pada dasarnya memang sangat sederhana. Hanya saja, dalam kasus tertentu, terkadang kita dihadapkan pada persoalan dimana panjang sisi segitiga yang akan dihitung nilai cosinusnya tidak diketahui. Dalam hal ini, nilai yang diketahui malah nilai secan atau pun nilai fungsi trigonometri lainnya.

Nah, dalam kondisi seperti ini, rumus dasar fungsi cosinus A standar tentunya tidak dapat kita gunakan begitu saja. Dalam hal ini, yang perlu kita lakukan adalah memanfaatkan besaran nilai fungsi trigonometri lain yang sudah diketahui.

oke tanpa berlama lama dengan teori, berikut ini kami sudah siapkan penjelasan mengenai rumus fungsiĀ  trigonometri yang bisa anda fahami melalui contoh soal dibawah, soal dan penjelasan ini kami desain sesederhana mungkin agar tak begitu membingungkan untuk anda terlebih jika anda sudah cukup berumur,oke berikut contoh soalnya:

Contohnya: jika diketahui nilai secan sudut A adalah 1, maka berapakah nilai cosinus sudut tersebut dan berapa derajatkah lebar sudut tersebut?

Jawab:

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menjawab pertanyaan ini adalah memahami rumus dasar secan dan cosinus. Dalam hal ini, karena rumus secan dan cosinus berkebalikan, maka kita dapat menggunakan rumus baru dimana:

Cosinus A = 1 / secan A

Jadi, jika nilai secan untuk sudut A adalah 1, maka nilai cosinus untuk sudut A adalah sebagai berikut:

Cosinus A = 1 / 1 =1

Jika melihat pada nilai cosinusnya, maka kemungkinan besar, besar sudut A adalah 300, 1200, dan atau 2100.

Itulah sedikit informasi mengenai rumus trigonometri untuk menghitung cosinus jika diketahui fungsi trigonometri dasar lain nya.semoga dengan penjelasan diatas bisa menambah wawasan anda mengenai cara menyelesaikan soal matematika baik tingkat dasar maupun expert, jangan lupa share konten ini atau bookmark website kami ini agar tak ketinggalan informasi bermanfaat lainnya.

Selamat belajar dan semoga berhasil ya!

Leave a Reply