Artikel Komputer – Perangkat Lunak atau Software

Perangkat Lunak (software)

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dijadikan oleh pembuat program untuk  mengerjakan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak merupakan program yang berisi kumpulan perintah untuk mengerjakan progres pengolahan data.

Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan mengerjakan perintah yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diharapkan oleh manusia tersebut.

Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

  • Mengidentifikasi program .
  • Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  • Memegang dan membuat profesi lebih efisien.

Software atau Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Atau bahasa simpelnya seluruh program yang di pakai untuk mengerjakan komputer. Perangkat lunak juga bisa dikatakan sebagai ‘ahli alih bahasa’ perintah-perintah yang dikerjakan pengguna komputer untuk diproses oleh perangkat keras.

 

Macam-tipe Software

  1. Menurut Fungsinya

Ada 3 tipe jenjang software dari segi fungsi, diantaranya :

– Metode Operasi

– Program Aplikasi

– Metode Pemrograman

 

-Metode Operasi

Metode operasi atau operating system ( OS) merupakan perangkat lunak cara yang bertugas untuk mengerjakan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar cara, termasuk mengerjakan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan multimedia. Dengan kata lain cara operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada ingatan komputer pada saat komputer dinyalakan. Metode software-software lainnya dikerjakan setelah Metode Operasi berjalan, dan Metode Operasi akan mengerjakan layanan inti awam untuk software-software tersebut. Layanan inti awam yang di maksud seperti akses ke disk, manajemen ingatan, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi mengerjakan tugas-tugas inti awam tersebut, karena bisa dilayani dan dikerjakan oleh Metode Operasi.

 

Metode Operasi merupakan penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh ketimbang itu, Metode Operasi mengerjakan seluruh tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda bisa berjalan secara beriringan dengan lancar. Metode Operasi menjamin aplikasi software lainnya bisa mengaplikasikan ingatan, mengerjakan input dan output kepada kelengkapan lain, dan mempunyai akses kepada cara file. Metode sebagian aplikasi berjalan secara beriringan, karenanya Metode Operasi mengontrol skedule yang ideal, sehingga sedapat mungkin seluruh progres yang berjalan menerima waktu yang cukup untuk mengaplikasikan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Metode operasi terbagi menjadi 3 golongan besar:

 

  1. Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x sampai versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).

Metode tampilan cara operasi windows XP

 

  1. Unix yang mengaplikasikan antarmuka cara operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  2. Mac OS, merupakan cara operasi untuk komputer keluaran Apple yang awam disebut Mac atau Macintosh. Metode operasi yang terbaru merupakan Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Dan versi 10.5 (Leopard).

Metode system operasi windows XP.

-Program Aplikasi

Program Aplikasi atau Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer segera untuk mengerjakan suatu tugas yang diharapkan pengguna. Atau secara sederhana bisa di artikan sebagai perangkat lunak yang di buat untuk tujuan spesifik. Metode utama perangkat lunak aplikasi merupakan pengolah kata (mikrosoft office, office.org writer, dll), pengolah gambar grafis (CorelDraw, adobe illustrator, inDesign, dll), dan pemutar media (winamp, media player, nero showtime, dll).

Umpamanya aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Jarang merupakan Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta sebagian aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya mempunyai antarmuka pengguna yang mempunyai kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan mengaplikasikan tiap aplikasi. Umpamanya kali, mereka mempunyai kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Jarang, suatu lembar kerja bisa dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata sedangkan dijadikan pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

 

Program aplikasi bisa dibedakan lagi menjadi :

  1. Word Processing

Word Processing merupakan program yang bisa digunakan untuk menyunting naskah. Metode : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

Metode tampilan program aplikasi Microsoft word

  1. Desktop Publishing

Teladan program yang mengontrol tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Metode : Ventura Publisher, Page Maker.

  1. Program Speadsheet

Teladan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Metode : Microsoft Excell, Lotus Improv.

  1. Database Management System

Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi merupakan untuk menaruh data dalam jumlah besar. Dari data ini bisa dijadikan bermacam-macam isu. Untuk menaruh, mengolah data, dan kemudian menciptakan isu, dibutuhkan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Metode : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.

  1. Graphics

Salah satu keperluan pengguna merupakan membuat gambar. Untuk itu ia bisa mengaplikasikan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak trampil menggambar dengan tangan, bisa membuat gambar yang baik di komputer, karena gambar dikomputer gampang diubah dan diolah. Metode : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop.

Metode Tampilan program aplikasi adobe photoshop

  1. Program Akuntasi

Aplikasi yang juga banyak digunakan dalam dunia bisnis merupakan aplikasi yang terkait dengan keuangan dan akuntasi. Metode : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.

  1. Program Statistik

Program statistik merupakan program yang digunakan untuk mengerjakan penelitian yang terkait dengan analisa statistik. Metode : SAS, SPSS, Statisca.

  1. Communication

Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Metode : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk,Sky pe,

  1. Multimedia

Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan kelengkapan multimedia seperti kamera video, kamera komputerisasi, video player. Metode : Microsoft Video, nero showtime, winamp.

Metode tampilan program aplikasi winamp

  1. Game

Game merupakan program untuk permainan. Metode : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.

  1. Antivirus

Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang digunakan. Metode : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.

Metode tampilan antivirus SMADAV

  1. Intenet Browser

Intenet Browser merupakan software untuk menload atau membuaka halaman web.

Metode Mozilla, Google Chrome, Opera, Nestcape

  1. System Utilities

System Utilities merupakan software untuk memudahkan pengaturan system kepada hardware.

Metode Tune Up, Registry Mechanic, Tweaking

  1. Internet Downloader

Internet Downloader merupakan software untuk memudahkan dan mempercepat progres unduh file dari dunia maya

 

-Metode Pemrograman

Metode pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, merupakan teknik komando/perintah standar untuk menyuruh komputer. Metode pemrograman ini merupakan suatu set hukum sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Metode ini memungkinkan seorang programmer(yang membuat program) bisa menetapkan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan tipe langkah apa secara persis yang akan diambil dalam bermacam-macam kondisi.

Komputer merupakan mesin yang bisa mengerjakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya bisa diberikan perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Maka-perintah yang lebih rumit (semisal mengurutkan suatu daftar pantas abjad) sepatutnya diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang bisa dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya bisa mennyelesaikan tugas yang diharapkan, sedangkan dikerjakan dengan sebagian operasi dasar, bukan satu operasi rumit.

Metode pemrograman merupakan bahasa yang bisa diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Padahal dikerjakan oleh program komputer yang disebut kompilator (compiler). Menurut bahasa pemrograman mempunyai kompilatornya sendiri. Jarang, kompilator C++ tidak akan mengerti program yang ditulis dengan bahasa Java. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih gampang dipahami oleh manusia ketimbang sintaks perintah dasar. Bisa tentu saja komputer hanya bisa mengerjakan perintah dasar itu. Sebagian di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.

Macam membuat program komputer dengan mengaplikasikan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Metode pemograman di bagi atas dua tipe, merupakan bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Metode tingkat tinggi merupakan bahasa pemograman yang bisa di mengerti oleh manusia, diantaranya merupakan PASCAL, FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++. Metode program yang mengaplikasikan bahasa tingkat rendah merupakan bahasa yang sulit di mengerti oleh manusia.

 

  1. Apabila Biasanya Memperolehnya, Software Sebagian Dibedakan Menjadi Umpamanya Macam.
  2. Freeware.

Software yang bersifat freeware bisa digunakan tanpa tarif, melainkan masih mempunyai batasan atas hak cipta pengguna. Umpamanya contoh freeware merupakan Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi.

  1. Shareware.

Shareware merupakan software yang bisa digunakan tanpa tarif dalam rentang waktu tertentu.  rentang waktu tersebut selesai, pengguna diberikan pilihan, apakah akan melanjutkan mengaplikasikan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak mengaplikasikan lagi software tersebut.. Umpamanya contoh dari shareware ini semisal StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.

Propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar.  kita ingin menerapkannya, kita sepatutnya membelinya. Propietary software betul-betul diatur oleh hak cipta. Kita tidak dibiarkan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.

3.Open source software.

Berbeda dengan tipe software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita untuk mengaplikasikan, mengubah pantas dengan keperluan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah.  software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, melainkan lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa berguna bagi para pengguna. Umpamanya contoh open source software semisal Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply