Trik Mendapatkan Sunrise di Gunung Bromo

Trik Mendapatkan Sunrise di Gunung Bromo

Ingin Melihat sunrise di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur seperti yang diminati wisatawan. Biar hasil lebih optimal ada beberapa trik yang dapat dicoba.

Berwisata di Gunung Bromo tak lengkap jika pulang tanpa mendapatkan foto sunrisenya. Banyak wisatawan dari tempat manapun yang rela bangun sedini hari mungkin untuk mencapai titik yang pas buat menikmati cantik dan syahdunya suasana pagi di Gunung Bromo.

Buat wisatawan yang ingin berburu sunrise di Bromo, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengawali perjalanan. Dirangkum chroniclesofcod berikut trik berburu sunrise Bromo:

Mempertimbangkan jadwal untuk berangkat

Waktu terbaik untuk merasakan sunrise Bromo merupakan kala musim kemarau, sekitar bulan Juli hingga September. Cuaca lebih cerah, sunrise dapat lebih nampak jelas tanpa terhalang kabut. Tentunya jika datang dikala hujan turun dan berkabut, sunrise kurang optimal nampak.

Jauh-jauh hari sebelum berangkat sebaiknya wisatawan sudah booking homestay terlebih dahulu, seperti itu pula untuk jeep. Kendaraan ini seperti itu penting karena perjalanan menuju view point sunrise Bromo mesti dengan jeep, tak dapat sembarangan naik mobil pribadi.

Spot terbaik melihat sunrise

Umumnya titik yang jadi unggulan wisatawan untuk melihat sunrise merupakan Penanjakan 1. Ini masuk di wilayah Kabupaten Pasuruan, di ketinggian 2.770 mdpl. Gunung Bromo dapat nampak dengan jelas dari sini, Gunung Semeru malahan nampak di kejauhan.

Tetapi kecuali Penanjakan 1 masih ada opsi titik lain yang tak kalah cantik, seperti Penanjakan 1, Bukit Cinta dan Bukit Kingkong. Setelah mentari terbit, wisatawan juga dapat lanjut merasakan estetika dari view point yang ada, foto-foto berlatar Gunung Bromo yang cantik.

Bersiap bangun sebelum subuh

Untuk mendapatkan daerah yang pas buat melihat sunrise, sebaiknya wisatawan sudah tiba di Penanjakan 1 paling tak pukul 03.30 atau 04.00 WIB. Apalagi jika datang di akhir pekan, di mana wisatawan yang ingin melihat sunrise seperti itu ramai.

Maka sebaiknya jam keberangkatan dari penginapan disesuaikan. Kalau menginap di wilayah Tosari, Kabupaten Pasuruan, perjalanan menuju Penanjakan 1 sekitar 45 menit. Jadi dapat berangkat pukul 02.30 atau jam 03.00. Padahal jika menginap di Malang, karena jaraknya lebih jauh, sebaiknya berangkat sekitar pukul 00.00 WIB malam.

Kenakan baju yang pas

Dengan temperatur yang dingin di pegunungan, jangan lupa untuk mengenakan baju hangat. Kenakan baju penghangat tebal, kupluk, kaus kaki, juga sarung tangan. Untuk alas kaki, pakailah sepatu trekking yang paling nyaman.

Bawa uang tunai

Cukup susah menemukan ATM di kawasan Bromo. Bawalah uang cash secukupnya untuk kebutuhan selama tamasya, seperti untuk membayar tiket masuk, membeli minuman hangat, ataupun snack untuk mengganjal lapar di pagi hari. Banyak kios yang menjual jajanan serta minuman hangat di kawasan Penanjakan 1.

Leave a Reply