Rekomendasi Wisata, Objek Taman wisata gunung merapi

Bagi masing-masing orang yang pernah bermukim di Jogjakarta, tentu setuju bila kota pelajar ini romantis dan sarat kenangan. Tapi ternyata, romantisme dan kota pelajar bukanlah satu-satunya dalil banyak orang hendak mengunjungi Jogja. Kota Gudeg ini pun menjadi saksi suatu bencana alam, letusan Merapi pada 2010. Namun di balik bencana itu, Jogja masih tetap tampak tabah.

Kini, Merapi dan sekitarnya sering dikunjungi wisatawan lokal maupun asing, karena tidak sedikit tempat yang menyajikan hal-hal luar biasa. Mulai dari pemandangan alam yang indah, sampai tempat berbau sejarah ada seluruh di sini. Mungkin urusan ini menjadi dalil kelompok-kelompok mahasiswa dari luar Jogja datang mendatangi tempat-tempat wisata di dekat Gunung Merapi. Selain guna piknik, tempat-tempat wisatwa di Merapi memang menyerahkan perjalan edukatif untuk pengunjung.

Bagi anda penggemar petualangan dan perjalanan sarat emosional, anda pasti senang mengerjakan hal-hal ini di wilayah sekitar Merapi. Rekomendasi lokasi wisata di Gunung Merapi Jogjakarta ini memang wajib anda kunjungi.

Berkunjung ke Bunker Kaliadem

 

Bunker atau lubang bawah tanah dulunya dipakai masyarakat di Desa Kepuharjo, Cangkringan, untuk mengayomi diri saat awan panas dari Merapi datang. Bunker Merapi baru sukses digali sesudah tiga tahun tertimbun oleh material Gunung Merapi. Perjalanan ini akan sarat emosional ketika wisatawan disajikan cerita-cerita sedih sehubungan dengan Bunker Kaliadem oleh pembimbing wisata di sana.

Turis-turis seringkali mengabadikan gambar di dalam bunker maupun di luarnya. Di selama bunker pun terdapat tidak sedikit titik guna berfoto, laksana gerbang-gerbang bunga dan sejumlah saung tua. Bahkan wilayah sekitar bunker menjadi titik yang tepat untuk pengunjung guna ‘berfoto bareng Merapi’.

Menyewa Jeep Lava Tour di dekat Bunker Merapi

 

Setelah merasakan sejarah bunker dan pemandangan di sana, pengunjung seringkali menyewa mobil jeep yang disediakan. Harga sewa yang berlaku di sana ialah sekitar Rp 350.000-Rp 600.000, tergantung paket perjalanan yang dipilih pengunjung. Meskipun harganya lumayan mahal, jarang terdapat wisatawan yang menyesal berpetualan dengan Jeep Lava Tour. Mungkin ini sebab petualangan Jeep menciptakan kita seakan-akan sedang berada di di antara acara TV petualangan, My Trip My Adventure.

Museum Sisa Hartaku

Museum ini tidak laksana museum-museum yang anda kenal sekitar ini, yakni museum yang di bina bertingkat dengan dagangan yang ditabung di lemari kaca. Seperti namanya, Museum saldo hartaku adalahmuseum penyimpanan barang-barang penduduk yang masih tersisa sesudah adanya letusan Gunung Merapi.

Museum tersebut tidak berupa gedung, tetapi berupa bangunan yang dulunya rumah, ketika ini lokasi tinggal ini melulu tersisa dindingnya saja. Di sana saya dan anda bisa melihat tidak sedikit perkakas keseharian yang telah tidak layak dipakai lagi, mulai dari sepeda motor, TV, meja, kursi, hingga sekian banyak  peralatan dapur.

Makam Mbah Marijan

Makam ini lumayan terkenal sebab Mbah Marijan sendiri dikenal sebagai guru kunci Gunung Merapi yang tewas dampak letusan pada tahun 2010. Dulunya ia berlokasi tinggal di Dusun Kinahrejo, kampung yang sedang di sebelah barat Bunker Kaliadem. Meskipun melulu makam biasa, namun sampai kini tidak sedikit wisatawan berangjangsana ke sana, baik guna berziarah, maupun sekedar hendak mengetahui cerita Mbah Marijam sekitar menjadi juru kunci Merapi.

Leave a Reply