Waspadai Bahaya Penggunaan Kawat (Behel) Gigi

Kawat gigi atau behel menjadi tren beberapa tahun kebelakang dan bahkan hingga kini. Penggunaan kawat gigi saat ini bukan hanya untuk merapikan gigi yang tidak rata saja, melainkan sudah menjadi suatu tren yang keren dan gaul, khusunya di kalangan remaja.
bahaya-kawat-gigi
Dibalik manfaatnya yang dapat merapikan gigi yang tidak rata, ternyata kawat gigi atau behel juga menyimpan risiko yang harus anda ketahui dan waspadai. Sudah saya katakan tadi bahwa behel saat ini bukan hanya untuk merapikan gigi, namun menjadi “gaya” tersendiri bagi para remaja saat ini, dan apakah kalian tahu dampak memakai behel dengan jangka waktu yang panjang?.

Bahaya Memakai Kawat Gigi (Behel)

Berikut kami berikan beberapa info mengenai risiko memakai behel:

1. Memunculkan Karang Gigi

Bahaya menggunakan behel yang pertama adalah dapat menimbulkan karang gigi. Sudah kita ketahui bahwa perawatan orang yang menggunakan behel berbeda dengan yang tidak. Ada area yang sulit dibersihkan ketika menggunakan behel, seperti, area kurung logam terutama yang dibawah.
Akibatnya jika area tersebut susah dibersihkan, maka akan terjadi penumpukan plak yang di akibatkan oleh sisa-sisa makanan. Dan hasilnya timbul karang gigi.
Jika saat ini gigi anda tidak rata dan takut akan bahaya dari menggunakan kawat gigi, silakan baca artikel ini Cara Merapikan Gigi Tonggos Tanpa Behel. Mungkin saja salah satu cara yang anda lakukan bisa membuat gigi anda menjadi rapi.

2. Alergi

Bahan-bahan yang terkandung pada behel gigi, seperti kromium, nikel, tembaga, dll. Tidak semua orang cocok dengan bahan tersebut, sehingga tidak sedikit juga orang yang alergi ketika menggunakan behel. Akibat dari alergi tersebut pengguna akan merasa sakit dan penyumbatan di bagian telinga.

3. Gangguan Pencernaan

Penggunaan behel apalagi dengan kualitas yang rendah, sangat rentan menimbulkan gangguan pencernaan. Cara pemasangan yang kurang baik juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Reaksi dari bahan yang terkandung pada behel terhadap air liur adalah menjadi penyebab utama terjadinya gangguan pencernaan.
Jadi sebelum memakai behel, anda harus lebih teliti dan detail untuk memilih dokter gigi terbaik untuk menghindari pemasangan yang kurang baik dan berisiko terhadap kesehatan karpet bulu karakter anda.

4. Gigi Goyah

Fungsi utama dari behel atau kawat gigi adalah membuat susuna gigi yang tidak rapi menjadi tersusun rapi dengan jangka waktu tertentu. Akan tetapi, apabila behel digunakan dalam jangka waktu yang panjang meskipun gigi sudah rapi, maka risiko yang bisa muncul adalah menjadikan kekuatan gigi melemah dan akhirnya gigi goyah.
Hal ini terjadi karena tulang yang memegang gigi mengalami perubahan dan ikut dengan pencekat gigi di bagian atasnya. Jadi kemungkinan gigi bisa goyah.

5. Berkembangnya Bakteri dan Kuman

Behel saat ini mungkin sudah di gunakan oleh jutaan orang untuk mendapatkan gigi yang indah. Namun di sisi lain, menggunakan behel juga mengundang bakteri dan kuman bersarang dan berkembang.
Hal ini bisa terjadi karena jangka waktu penggunaan yang terlalu lama akan membuat kuman dan bakteri sangat mudah terselip di sela-sela behel dan karetnya. Jika anda malas membersihkan gigi dan menggunakan obat kumur, maka bakteri dan kuman sangat nyaman berkembang disana.
Demikianlah 5 bahaya penggunaan kawat gigi atau behel yang harus anda ketahui. Disini saya tidak menyalahkan anda dan tidak melarang anda untuk menggunakan behel, akan tetapi saat anda menggunakan behel, maka anda harus lebih ekstra untuk menjaga kebersihan mulut. Supaya tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.
Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang kesehatan dan gigi, silakan kunjungi https://www.dengancara.com atau jika ingin membeli karpet bulu karakter bisa di sini juga

Leave a Reply