makanan ibu hamil

5 Tips Makanan Yang Sehat Baik Bagi Ibu Hamil

Makan dengan baik selama kehamilan penting bagi Anda dan bayi Anda. Wanita hamil memiliki kebutuhan nutrisi khusus. Makanan harian Anda harus mencakup berbagai makanan yang kaya protein, seperti halnya makanan bertepung, buah-buahan dan sayuran, dan produk susu. Makanan yang Anda makan adalah sumber nutrisi utama bayi Anda. Kudapan kecil biasa dapat membantu mengurangi mual dan muntah di pagi hari. Berlawanan dengan kepercayaan populer, wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, protein, yodium, dan folat tetapi hanya peningkatan kecil dalam kilojoule.

Berikut adalah lima tips makanan sehat untuk wanita hamil:

Adopsi Diet Seimbang

Dengan beberapa pengecualian, Anda dapat terus makan dengan normal selama kehamilan. Diet seimbang harus mencakup makanan dan camilan seperti kacang dan biji-bijian, kacang kering dan kacang lentil, daging tanpa lemak, roti gandum dan sereal, buah segar, sayuran, dan sejumlah kecil makanan tinggi lemak. Sistem pencernaan pada wanita hamil menjadi lebih efisien dalam menyerap nutrisi tertentu. Oleh karena itu, tidak perlu mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan.

makanan ibu hamil

Hindari Makanan Tertentu

Tubuh Anda lebih rentan terhadap penyakit yang ditularkan melalui makanan selama kehamilan. Makan makanan tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah, dari pencernaan yang buruk hingga keguguran. Dianjurkan bagi ibu hamil untuk menghindari telur mentah, sushi, jus yang tidak dipasteurisasi, ikan todak, dan tilefish. Hentikan alkohol, tembakau, kopi, dan teh tinggi kafein. Tinggal jauh dari keju lunak kecuali mereka dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi. Lewatkan hot dog dan daging deli. Saat Anda makan buah dan sayuran, cucilah dengan baik.

Dapatkan Lebih Banyak Besi

Wanita hamil dapat menjadi kekurangan zat besi, jadi Anda harus makan lebih banyak makanan yang mengandung nutrisi ini. Minum kopi atau teh dapat membuat lebih sulit bagi tubuh untuk menyerap zat besi. Senyawa alami ini dapat ditemukan dalam daging merah, buah kering, makanan tepung bijian, sayuran berdaun hijau, roti, dan kacang-kacangan. Meminum suplemen zat besi dapat membantu Anda.

Makan Camilan Sehat

Jika Anda lapar di antara waktu makan, pilih camilan bergizi seperti buah segar, jus buah tanpa pemanis, humus dengan roti, yogurt rendah lemak, roti pita yang diisi dengan keju parut dan tuna tumbuk atau ham, kismis, salad, dan wortel bayi. Pilih varietas gandum karena mereka menyediakan lebih banyak serat dan nutrisi.

Konsumsi Lebih Banyak Asam Folat

Asam folat dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar selama kehamilan. Makan makanan yang kaya asam folat membantu mengurangi cacat lahir. Dianjurkan untuk mulai mengonsumsi suplemen asam folat sebelum konsepsi. Sayuran berdaun hijau, kacang, biji bunga matahari, buah-buahan, sereal sarapan, kacang lentil, dan biji-bijian mengandung sejumlah besar nutrisi ini.

Leave a Reply